Kamis, 16 Oktober 2014

MENGGAGAS PROGRAM GENERASI EMAS SMANSAGA “MENCETAK 1000 SARJANA 2020” (Jilid I)


MENGGAGAS PROGRAM GENERASI EMAS SMANSAGA
“MENCETAK 1000 SARJANA 2020”
(Jilid I)



Sebuah wacana yang seakan-akan sulit diwujudkan, jika menilik kondisi saat pertama pendirian SMANSAGA. Keadaan 2001, saat itu serba keterbatasan baik sarana maupun prasarana. Kondisi sekolah yang masih menumpang, jumlah guru yang terbatas (masing-masing guru rata-rata merangkap 3 mapel), dan kelengkapan admisistrasi yang belum sepenuhnya tertata.
Era 2014, adalah era dimana, tepat 10 tahun sekolah kami telah meluluskan siswanya. Sekolahan yang pertama didirikan ibarat pohon cemara kecil yang ditanam di dataran luas nan tandus, sekarang sudah berubah menjadi laksanan pohon beringin yang besar dan rindang. Dengan jumlah murid yang mendekati 600, sekolah ini menjelma menjadi sekolah menengah yang sangat prospektif dan paling diandalkan masyarakat Sugihwaras dan sekitarnya.
Sarana pendukung  Pembelajaran sudah tertata terus dilengkapi dan menuju ke taraf sempurna. Dengan rombongan belajar yang berjumlah 17 ruang, maka sudah selayaknya sekolah ini mulai menampakkan diri sebagai lembaga yang kredibel yang mampu menampung lulusan dari Kec. Sugihwaras dan sekitarnya.
Lantas, bagaimana langkah sekolah untuk senantiasa membangun pencitraan dirinya? Sebuah jawaban yang sepenuhnya membutuhkan langkah nyata. Salah satu yang sedang digagas, adalah adanya program manajemen lulusan yang tertuang dalam “PROGRAM 100 SARJANA”.
Dalam release terakhir, program yang semula merupakan gagasan kecil-kecilan ini sudah terwujud dan perlu dilanjutkan ke program yang lebih besar. Kalau pada “PROGRAM 100 SARJANA”, hanya dikhususkan siswa lulusan yang diterima PTN, maka setelah memperhatikan aspirasi alumni program yang baru ini akan mencakup seluruh alumni yang melanjutkan ke Pendidikan Tinggi.
Dengan asumsi sampai dengan 2004-2014, maka sudah 10 kali SMANSAGA meluluskan lulusannya. Jika tiap lulusan diperkirakan rata-rata 50 lulusan melanjutkan ke Pendidikan Tinggi, maka sampai 2014 sudah terkumpul 500 lulusan yang masuk ke lingkup tersebut.
Dengan jumlah murid sekitar 200 lebih tiap angkatan, maka dengan prosentse lulusan yang melanjutkan ke Pendidikan Tinggi 50% saja, maka tiap tahun SMANSAGA mampu mencetak calon-calon sarjana sebanyak 100 orang per tahun. Kira-kira kurun waktu 5 tahun lagi bias diprediksi akan terkumpul 500 lulusan calon sarjana.
Jika dijumlahkan alumni yang melanjutkan dari tahun 2004-2014 dengan lulusan perkiraan 2015-2019, maka akan tercetak 1000 calon sarjana produk SMANSAGA. Luar biasa,………semoga dapat terwujud. Dukungan semua fihak ( Masyarakat, alumni, guru, maupun semua fihak yang berkepentingan) sangat kami harapkan. (Bersambung…pada episode berikutnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAFTAR NAMA ANGGOTA TIM OLIMPIADE MATEMATIKA SMANSAGA 2014

  • APRILLIA DUWI
  • RATIH HERNI P

Total Tayangan Halaman