Rabu, 19 Oktober 2011

MERUBAH VISI DAN MISI SEKOLAH..? URGEN KAH.....? (jilid 2)

Visi dan Misi sekolah mencerminkan mau kemana sekolah akan dibawa. Karena didalamnya tertuang tujuan-tujuan sekolah, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Visi dan Misi yang terlalu kekinian, dan tidak mempunyai prespektif kedepan mutlak dilakukan perubahan.
Idealnya memang Visi dan Misi harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Namun apakah bisa konsep seperti itu dibuat?mungkin jawabannya: bisa, apa yang tidak bisa dirubah kalo itu buatan manusia. Beberapa  catatan yang akan terjadi jika fisi dan misi ideal itu terwujud adalah:
1. Visi dan Misi terlalu luas cakupannya, sehingga perlu penjabaran yang luar biasa rumitnya, karena yang dijadikan ruang lingkupnya harus mampu menjembatani keadaan masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.
2.  Memungkinkan adanya bias dalam pemaknaan, karena terlalu banyak penjelasan dan uraian.
3.  Susah melaksanakannya karena terlalu luas penafsiran
4. Memperlambat akselerasi perkembangan sekolah, karena kebijakan yang dibuat sekolah harus sinkron dengan  Visi dan Misi sekolah.
Demikianlah kira-kira permasalahan jika konsep yang dituangkan terlalu luas. Luas tidaknya cakupan yang mau di frame kan memang tergantung seberapa jauh komitmen pengelola sekolah itu akan membawa sekolah ke arah yang lebih baik. Apalagi gerbong mutasi dan pemetaan guru sangat berpengaruh negatif dalam mewujudkan perubahan Visi dan Misi sekolah. Gimana tidak, kepala sekolah yang baru seumur jagung jd kasek, udah buru-buru dimutasi. Sebuah tantangan yang luar biasa bagi pengelola sekolah lain yang ditinggalkannya. Belum lagi konsep pemetaan guru, yang tanpa sadar menggerus pilar- pilar akademik sekolah, yang hanya karena mengejar jam 24 untuk sertifikasi rela cabut begitu saja.(bersambung...)














1 komentar:

  1. Pak, Soal Olimpiade sudah saya upload.
    Bisa jnengan download di Blog saya

    BalasHapus

DAFTAR NAMA ANGGOTA TIM OLIMPIADE MATEMATIKA SMANSAGA 2014

  • APRILLIA DUWI
  • RATIH HERNI P

Total Tayangan Halaman